Langonsari-SJB

Pemerintah Desa (Pemdes) Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung menyambut baik kehadiran rombongan dari Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi banding pada Selasa, 11 Juni 2024.

Rombongan yang dipimpin oleh Camat Baturiti, Sayu Made’ Parwati, terdiri dari perwakilan 12 desa di Kecamatan Baturiti. Kehadiran mereka disambut oleh berbagai perwakilan dari Kabupaten Bandung, termasuk dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang diwakili oleh Trimo H., Diskominfo, Sekcam Pameungpeuk Iwan Ridwan S.I.Kom, MAP, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Zulfian, Kepala Desa Langonsari E. Wiharsa, Ketua APDESI Kecamatan Pameungpeuk, serta unsur Polri dan Babinsa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Langonsari, E. Wiharsa menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan dari Bali. Ia berharap pertemuan ini dapat membawa kemaslahatan dan saling tukar informasi yang bermanfaat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam membangun desa.

“Semoga pertemuan kali ini bisa membawa kemaslahatan dan saling tukar informasi, sehingga bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam membangun desa,” ujar Wiharsa.

Hal serupa diungkapkan oleh Ketua BPD Desa Langonsari, Zulfian, yang didampingi Sekretaris Camat Pameungpeuk, Iwan Ridwan, dan Camat Baturiti, Sayu Made Parwati. Mereka berharap pertemuan ini menjadi momen yang tepat untuk saling memberikan motivasi dan menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak.

Sekretaris Camat Pameungpeuk, Iwan Ridwan, yang mewakili Camat Pameungpeuk, H. Agus Hendar Riswanto, S.STP., M.Si., menyatakan apresiasinya atas kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan ini sesuai dengan rekomendasi dari Diskominfo Kabupaten Bandung, yang menilai Desa Langonsari sebagai salah satu desa dengan penyelenggaraan Sistem Informasi Desa (SID) terbaik di wilayah Kecamatan Pameungpeuk.

“Dari enam desa yang ada di wilayah Kecamatan Pameungpeuk, jika dipandang secara kasat mata mungkin terlihat biasa saja, namun pandangan dari Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa penyelenggaraan Sistem Informasi Desa (SID) di Desa Langonsari sangat luar biasa dan terbaik dibandingkan desa lainnya,” ujar Iwan Ridwan kepada jurnalis SJB.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan antar desa dan menjadi langkah awal untuk kerja sama yang lebih erat di masa mendatang.

**RHM