SUKABUMI-SJB


UMKM Keripik Singkong asli Nagrak, Kabupaten Sukabumi, meraih kesuksesan internasional tanpa dukungan langsung dari Pemda. Berdiri kokoh selama 24 tahun, UMKM ini merupakan bukti nyata komitmen untuk mensejahterakan warga Nagrak.

Dipimpin oleh Bapak Acep Sunardy atau yang akrab disapa Kang Ardy, UMKM ini tidak hanya menjadi penyerap tenaga kerja lokal, tetapi juga berhasil mengolah singkong lokal menjadi produk unggulan yang diminati pasar internasional. Pada pertengahan Juni lalu, UMKM Halal Hub Sukabumi, berlokasi di Nagrak Selatan, Kabupaten Sukabumi, secara resmi merencanakan ekspansi ke pasar Eropa, khususnya Belanda, pada bulan Juli mendatang. Minggu (30/06/24).

“Keripik Singkong Nagrak telah menjadi contoh sukses UMKM lokal yang mampu bersaing di pasar global,” kata Kang Ardy, kepada info-target.com. yang telah berdedikasi selama 24 tahun dalam mengembangkan produk ini. Dengan dukungan penuh dari karyawan asli Nagrak, UMKM ini bukan hanya sekadar usaha komersial, tetapi juga sebuah kontribusi nyata terhadap perekonomian lokal.

Perjalanan ekspor perdana produk ini disaksikan langsung oleh Kapolsek Nagrak, menunjukkan apresiasi terhadap upaya Kang Ardy dalam mengangkat nama baik Nagrak Selatan dan Kabupaten Sukabumi di tingkat internasional, kepada Dengan prioritas yang jelas terhadap kesejahteraan karyawan lokal, UMKM ini telah berhasil menyerap ratusan tenaga kerja dari kecamatan Nagrak.

“Ini adalah contoh nyata bahwa UMKM berbasis lokal, dengan bahan baku lokal, bisa sukses di pasar global,” tambah Kang Ardy dengan penuh semangat. “Kami berharap ada dukungan lebih besar untuk UMKM seperti kami, yang mampu menghasilkan dampak positif yang besar bagi komunitas lokal.”

Kisah sukses UMKM Keripik Singkong Nagrak bukan hanya menjadi kebanggaan bagi warga setempat, tetapi juga sebuah inspirasi bagi UMKM lainnya di seluruh Indonesia untuk meraih prestasi di kancah internasional.

**LANI